Total Tayangan Halaman

Jumat, 22 Oktober 2010

ISLAM DAN PEDANG

Sally Sety 14 Januari jam 11:48 Balas • Laporkan
Assalamualaikum wrwb,

Ikhwah fillah...
Pernyataan bahwa Islam tersiar dengan pedang, merupakan suatu kesalahan nyata kaum orientalis dan para penulis lainnya. Mereka berusaha mengelabui dan mencampuradukkan antara penaklukan-penaklukan wilayah dengan dakwah Islam.

Dalam sejarah Islam, pertama kali pedang digunakan untuk membela risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW adalah perang badar. Kaum Muslimin pada waktu itu bukanlah pihak pertama yang memusuhi dan melakukan penyerangan. Mereka berperang untuk membela eksistensi risalah yang dibawa oleh Rasulullah yang mereka imani, dan mereka sebelumnya terpaksa melakukan hijrah meninggalkan kampung halamannya dengan membawa aqidah yang diimaninya.

Mereka yag mengamati dengan teliti perjalanan dakwah itu mengetahui dengan pasti, bawha peperangan antara muslimin dengan kafirin setelah perang badar dilakukan semata-mata untuk membela aqidah mereka. Dengan kata lain, peperangan yand dilakukan kaum muslimin hakikatnya bersifat defensif. Kemudian, ketika Islam telah tersiar dan menyebar meliputi jazirah Arabia dan penaklukan-penaklukanpun terjadi, maka penaklukan itu sendiri bukanlah dengna tujuan meyiarkan agama Islam dengna kekuatan pedang, melainkan dilakukan untuk menumbangkan par apenguasa yagn zalim dan mengangkat harkat dan martabat manusia dari lembah kehinaan dan ketertindasan yang mereka alami. Dalam penaklukan tersebut tentara Islam tidak mengharuskan atau mewajibkan penduduk kota yang di taklukkan untuk memeluk Islam, tidak pula mereka melakukan pembunuhan semena-mena terhadap penduduk non-muslim. Dengna demikian penaklukan Islam terhadap suatu negeri, kabilah atau suatu bangsa pada kenyataannya tidak mengubah nonmuslim menjadi muslim. Jadi, tujuan penaklukan itu tidak lain adalah meluaskan keadilan dan ketentraman diseluruh penjuru dunia. Mereka tak dapat membiarkan kedzaliman menindas manusia, dimanapun adanya.

Methode dakwah mengajak kepada Islam jauh sekali dari penumpahan darah. Tak sebilah pedangpun perlu terhunus untuk itu. Methode penyampaian dakwah Islam telah diatur dengna penuh kearifan dalam Al Qur’an. Dan aturan itu justru jauh lebih baik dan lebih efektif daripada dengan menggunakan pedang ataupun kekerasan.

(selanjutnya....)
http://www.facebook.com/group.php?v=app_2373072738&ref=ts&gid=92410371260#/topic.php?uid=92410371260&topic=12786

Kami tunggu diskusinya.
Wassalam wrwb,
Admin Grup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar